Artikel Wisata Lokal

poteng jaje tujak

Poteng Jaje Tujak Jajanan Legendaris Khas Lombok

Kuliner Lombok identik dengan rasa pedas yang menggoda, namun bukan berarti tidak ada makanan manis disini. Salah satu jajanan legend khas Lombok yang bisa kalian nikmati tanpa khawatir kepedasan¬† adalah ‘Poteng Jaje Tujak’.

Makanan legend yang satu ini cukup sulit untuk ditemukan, pasalnya secara proses pembuatan poteng jaje tujak terbilang sakral oleh sebab itu tidak banyak dari masyarakat yang bisa membuat jajanan yang satu ini. Kehadirannya bisa Anda temukan dalam hari raya lebaran, acara pernikahan atau acara kebudayaan masyarakat Lombok.

Terdengar dari nama, poteng jaje tujak cukup awam di telinga. Tetapi jika sudah melihat bentuk Anda akan langsung mengenal makanan ini. Yaps di pulau Jawa makanan ini lebih dikenal dengan tape uli makanan khas betawi. Nama poteng jaje tujak sendiri memiliki arti jajanan tape yang ditumbuk.

Apa Itu Poteng Jaje Tujak dan Prosesnya

Poteng jaje tujak adalah makanan dari olahan poteng atau tape yang terbuat dari ketan putih, dan jaje tujak atau tetel yang diolah dari campuran ketan putih, ketan hitam, dan kelapa yang ditumbuk hingga halus.

Sakralnya proses pembuatan mengharuskan pembuat dalam keadaan suci atau sedang tidak haid, bahkan untuk menabur bubuk tape ketan dilakukan usai selesai shalat dan masih memiliki wudhu. Cita rasa dari poteng jaje tujak yang gurih dan legit tentunya sangat nikmat untuk disantap. Untuk harga di pasar menjelang hari lebaran sekitaran lombok, poteng jaje tujak bisa ditebus Rp 25.000/ porsi kecil.

 

Artikel Terkait