Festival Kreatif Lokal

Wisata Sejarah dan Budaya di Desa Carangsari

Alam Bali yang indah tentunya membuat pariwisata di pulau ini terus dikenal ke seluruh dunia. Yang terbaru dari pariwisata Bali adalah Desa wisata Carangsari, terletak di Kecamatan Petang bagian Selatan, Kabupaten Badung Utara, Desa wisata Carangsari memiliki 14 destinasi wisata yang wajib dikunjungi seperti Sungai Ayung, Yeh Penet, kebun kopi, arung jeram, flying fox, cycling, dan glamping (glamour camping).

Selain wisata alam, tagline ‘Carangsari The Historical Village’ yang diusung menjadikan desa ini kental akan nuasa sejarah. Pasalnya Desa Carangsari menjadi tanah kelahiran dari pahlawan jaman penjajahan Belanda yaitu I Gusti Ngurah Rai. Ia Gugur dalam perang Puputan Margarana pada 20 November 1946.

Di Desa Wisata Carangsari, wisatawan juga bisa berkunjung ke Puri Agung Carangsari yang menjadi pusat peradaban Desa Carangsari, napak tilas pataka/panji-panji serta Surat Sakti Pahlawan Nasional Brigjen (Anumerta) I Gusti Ngurah, serta singgah di kampung Nyama Toko sebutan khusus masyarakat desa Carangsari kepada penduduk keturunan Tionghoa.

Bagi turis yang memiliki ketertarikan dengan budaya, silahkan langsung menuju ke sentra pementasan Wayang Kulit Paruwe, Wayang Ramoyane, Barongsai, Tarian Hanoman, Barangket, gamelan khas Bali, Barong Landung dan tari topeng Tugek Carangsari.

Untuk menikmati seluruh wisata  Desa Carangsari tak cukup dalam waktu sekejap mata. Untuk itu pengelola Desa Carangsari menyediakan beberapa pilihan homestay sebagai tempat beristirahat. Dan sebagai buah tangan perjalanan kalian, Desa Carangsari melibatkan UMKM dalam pembuatannya. Produk yang bisa kalian dapatdiantaranya produk madu, virgin coconut oil (VCO) dan kriya bokor dari kertas karya Ketut Tirtayasa.

Penutupan Pendaftaran : 28 September 2022

Pengumuman Komunitas Terpilih Untuk Ikut Jelajah : 30 September 2022

Tanggal : 8-9 Oktober 2022

TITIK KUMPUL:
– Registrasi Peserta Turing
– Pengechekan Kelengkapan Kendaraan
– Briefing & Doa Bersama & Berfoto Bersama
– Sambutan dari Kepala Area/ BOD
– Pelepasan Turing
– Tiba Check Point 1
– Istirahat Makan Siang
– Riding Menuju venue FPR ( Pasar Kota Gede)

FPR
– Komunitas Tiba Di Festival Pasar Rakyat
– Mengikuti aktivitas Di Festival Pasar Rakyat
– Games
– Entertaiment
– Foto Bersama
– Riding Menuju Desa Wisata

DESA WISATA
– Tiba di Desa Wisata Rejowinangun
– Mengikuti activity paket wisata
– Makan Malam
– Acara Bebas